Berilmu, Berakhlak dan Berprestasi

Antusias Pecinta Al Qur’an

2

Oleh : Arip Saripudin

imbskaltim.sch.id __ Daurah Al Qur’an 30 Juz Selama 2 Bulan telah membawa perubahan motivasi yang luar biasa pada santri Pondok Pesantren Istiqomah Muhamamdiyah Samarinda , bulan ini Pondok Pesantren akan memberangkatkan 16 santrinya ke Solo untuk belajar menghafal dan mencintai Al Qur’an, panitia pemberangkatan dengan tega harus menyeleksi dulu karena jumlahnya lebih dari 70 orang sedang kuota sangat terbatas.

Malam tadi saya sudah kedatangan panggilan telphone dari orang tua santri agar anaknya ikut lagi untuk mengikuti rihlah bersama al Qur’an ini , bahkan berapun biayanya insayaallah di usahakan ucapnya ( Tidak Sebut nama ) , pagi tadi juga sudah kedatangan orang tua mau menitip tiket pesawat berangkat dari samarinda jogja, namun saya harus tega menolaknya dulu karena surat serta rincian biaya belum keluar dari panitia penyelenggara, dengan antusiasnya anak dan orang tua ini membuktikan Daurah ini memberikan efek yang positif kita semuanya.

Semangat ini harus dipupuk terus menerus agar mereka selalu dalam keta’atan dan cintanya pada Al Qur’an tidak luntur oleh pengaruh modernisasi zaman, yang lebih penting lagi adalah hafalan yang sudah didapat nanti mereka bisa menjaganya, nah …kalau kita bertanya kepada siswa diluar pada umumnya, pasti banyak sekali mereka mengatakan  bahwa mengahafal Al Qur’an itu susah  dengan segala stigma kesusahan kuadrat lainnya.

Dalam catatan tulisan saya ini sedikit ingin menyampaikan di antara keistimewaan Alquran adalah Allah mudahkan ia dengan semudah-mudahnya. Allah ﷻ berfirman,

وَلَقَدْ يَسَّرْنَا الْقُرْآنَ لِلذِّكْرِ فَهَلْ مِنْ مُدَّكِرٍ

“Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Alquran untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran?” (QS. Al-Qamar: 17).

Allah ﷻ mengulang-ulang kalimat tersebut sebanyak empat kali di dalam kitab-Nya yang mulia. Semuanya kita jumpai dalam surat Al-Qamar. Hal ini menjelaskan kepada kita bahwa Allah benar-benar menjadikan Alquran itu mudah untuk dipelajari dan di hafal.

Dan di antara nikmat Allah yang terbesar kepada umat Islam, adalah Allah Swt.  menurunkan Al Quran sebagai pelajaran untuk manusia. Alquran adalah petunjuk yang jelas:

هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ

“Alquran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil).” (QS. Al-Baqarah: 185).

Mari kita sukseskan dan antarkan para pengahafal Al Qur’an pada priode ini, agar mereka menjadi sahabat-sahabat Al Qur’an dan bisa mengaplikasikan ilmu-ilmu dunia dengan prinsip integrasi keilmuan yang selaras dengan semangat Al Qur’an

Samarinda 12 Februari 2020

Leave A Reply

Your email address will not be published.