Berilmu, Berakhlak dan Berprestasi

Bahaya Berdusta

11

Rasulullah saw bersabda, Mendekati kiamat akan muncul dengan banyaknya para pendusta. Maka, berhati hatilah terhadap mereka.(HR. Muslim)
Kondisi akhir zaman, kondisisi saat itu adalah selemah-lemahnyanya nilai nilai iman.

Sa’at ini orang sudah tidak merasa risih lagi berdusta. Kedustaan, kebohongan sudah masuk kedalam seluruh sendi kehidupan. Mulai dari lingkungan keluarga, pendidikan, bisnis, hiburan, politik sampai ke dalam pemerintahan.

Ada yang berdusta untuk kepentingan dunia; untuk mendapatkan harta, tahta, dan wanitaaaaa. Ada yang berdusta untuk mecelakakan karena dendam dan lain2. Mohon disimak firman Allah berikut: Qs. Ghafir: 28, Qs. al-Jatsiyah: 7, dan Qs. an-Nahl: 105)

Diantara dampak buruk dan bahaya dusta adalah sebagai berikut:

Pertama, berdusta membuat pelakunya tidak bisa tenang dan selalu merasa gelisah. Rasulullah bersabda: Jujur mendatangkan ketenangan sementara dusta mendatangkan keraguan (kegelisahan).

Kedua, dusta menjadi penyebab jatuhnya citra, nama baik dan kehormatan si pelaku.

Ketiga, dusta itu bagian dari kemunafikan, sehingga bisa mengancam keberadaan iman.
Rasulullah bersabda, tanda orang munafik itu ada 3: Apabila berbicara ia berdusta, apabila berjanji ia ingkar, dan apabila dipercaya ia khianat. (HR. Bukhari dan Muslim)

Keempat, kalaupun si pendusta selamat dan aman di dunia, ia berhasil membungkus kebohongannya, maka disisi Allah tidak akan bisa selamat.

Oeleh karena itu, tidak ada jalan lain untuk mencapai hidup tenang, bahagia, terhormat, dipercaya, dan sokses dunia akhirat adalah dengan kejujuran. Kejujuran adalah modal dasar orang orang istimewa. Mohon disimak firman Allah ini: (Qs. Maryam: 41, 65, dan Qs. Yusuf: 46

Mudah2an tulisan ini bisa menjadi bahan renungan bagi kita semua.

*إِهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيْمَ، صِرَاطَ الَّذِيْنَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّٓالِّيْنَ.

والحمد لله رب العالمين
والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Leave A Reply

Your email address will not be published.