Berilmu, Berakhlak dan Berprestasi

Cara mengajarkan Al-qur’an kepada Anak

18

Bagian 1

Empat langkah sebelum waktu belajar:

  1. Niat ikhlas karena Allah swt., disertai kesungguhan bersandar hanya kepada Allah dan hanya kepadaNya meminta pertolongan agar anak saya bisa selesai menghafal al-qur’an disertai keistiqomahan dalam meberikan pemahaman yang sesuai kepada anak akan pentingnya hafal al-qur’an.
  2. Mendoakan anak terutama pada waktu-waktu mustajab.
  3. Membuat jadwal waktu tertentu sehari-hari, dibantu dengan reminder di hanphone pengajar (ayah dan ibu) agar menjadi disiplin rutinitas sehari-hari, dianjurkan agar waktu yang dipilih tidak terlalu dekat dengan waktu makan, dan hendaklah pada waktu yang pagi sehingga pikiran anak masih fresh. Menyediakan makanan dan minuman yang banyak mengandung glukosa untuk anak sehari-hari, seperti kurma, madu, dan susu.
  4. Menyediakan kotak hadiah berwarna cantik, dan tertulis d atasnya “hadiah hafalan al-qur’an”, isi kotak ini berupa hadiah-hadiah yang berkategori: 1) sangat menarik bagi anak, 2) menarik, 3) biasa-biasa saja bagi anak. Kotak ini diletakkan di tempat yang tinggi yang terlihat jelas namun sulit diraih oleh anak, dan tidak lah boleh isi kotak hadiah ini terlihat oleh anak. Dan kategori hadiah yang diberikan adalah sesuai dengan sebagus apa hasil hafalan anak hari itu.

Leave A Reply

Your email address will not be published.