Berilmu, Berakhlak dan Berprestasi

IMBS Juara Mading 3D Tingkat Provinsi

34

Tim 3D SMP Muhammdiyah 5 Samarinda

www.imbskaltim.sch.id __TIGA siswa SMP Muhammadiyah 5 berhasil mengukir prestasi. Kali ini di bidang majalah dinding (mading) dengan berhasil meraih juara 1 mading 3 dimensi (3D) pada Olimpiade Sains Biologi IX 2019 tingkat SMP se-Kaltim dan Kaltara di Universitas Mulawarman, pada 11-13 Februari lalu.

Ketiga siswa tersebut berhasil meraih juara 1 setelah bersaing dengan 8 sekolah lain se-Kaltim dan Kaltara. Mereka adalah Muhammad Fadhlurrahman Dzaki, Shafa Gus Saputra dan Muhammad Fajrian yang merupakan siswa Kelas VII.

Kepala SMP Muhammadiyah 5 Jaswadi mengatakan para siswanya telah mempunyai kreativitas dan minat bakatnya terhadap mading dan para pembina hanya mengarahkan. Ia menyebutkan dengan para siswanya aktif ikut serta dalam berbagai perlombaan, dapat dijadikan sebagai motivasi bagi dirinya dan siswa lain.

“Seperti mading di sekolah dapat lebih kreatif lagi. Kita usahakan anak-anak agar bisa mengikuti berbagai event yang ada mulai dari tingkat kecamatan, kota, provinsi bahkan nasional. Sehingga ketika anak-anak lulus dari sekolah ini mereka mempunyai prestasi, keterampilan dan kemampuan yang baik, serta diharapkan ketika melanjutkan ke sekolah lebih lanjut akan semakin berprestasi dan berhasil,” ungkapnya.

Ia menuturkan faktor pembinaan para guru di SMP Muhammadiyah 5 kepada para siswanya dan sesuai dengan semboyan sekolah tersebut yakni Man jadda Wa jadda. Siapa yang bersungguh-sungguh akan berhasil.

Menurutnya, hebatnya seseorang tidak hanya datang dari kerja keras saja tetapi doa pun turut ambil bagian dari prestasi seseorang. “Mau kita sehebat apapun kalau Allah tidak meridai, ya kita tidak bisa juara. Kemenangan itu kan dari Allah, jika kita dekat dengan Allah, salat lima waktu tidak ditinggalkan, salat Tahajud, salat Duha, puasa Senin dan Kamis, insya Allah doa dan keinginan kita akan dikabulkan. Alhamdulillah prestasi anak-anak terus meningkat. Semua itu tidak terlepas dari tekun belajar dan rajin dalam beribadah diantaranya salat Tahajud, puasa Senin dan Kamis, hingga salat Duha yang rutin,” tuturnya.

Ia pun menyampaikan agar para siswanya selalu meningkatkan belajarnya baik di bidang akademik, eksktrakurikuler dan ko-kurikuler harus bisa dilaksanakan secara seimbang.

“Belajar tidak hanya dari apa yang sudah diberikan di sekolah saja tetapi juga bisa belajar dari buku, internet untuk menambah wawasan pengetahuan anak-anak. Serta perilaku sopan santun kepada para ustaz-ustazah sebagai orangtua kedua di sekolah pun harus dijalankan sebagai penerapan implementasi karakter yang telah didapat selama di sekolah,” lanjutnya.

SMP Muhammadiyah 5 merupakan salah satu di bawah naungan Pondok Pesantren Istiqomah Muhammadiyah atau Istiqomah Muhammadiyah Boarding School (IMBS), tahun ini membuka penerimaan siswa baru tahun ajaran 2019/2020 dengan dua gelombang yakni gelombang 1 telah dibuka sejak Januari hingga Februari dan gelombang kedua pada Maret hingga April jika kuota masih ada.
Saat ini sekolah tersebut sudah menerima sebanyak 15 putra dan 16 putri. Sementara untuk kuota hanya sebanyak 30 putra dan 30 putri.

Sementara di bawah naungan yang sama terdapat jenjang SMA yakni SMA Istiqomah yang juga membuka penerimaan siswa baru. Dengan kuota yang disediakan sebanyak 30 putra dan 30 putri. Saat ini telah terisi kuota diantaranya 32 anak dari SMP luar, 16 anak dari kelas Tasus (kelas khusus), dan 10 anak dari SMP Muhammadiyah 5.

Bagi yang ingin mendaftar ke SMP Muhammadiyah 5 akan mendapat potongan IPP (Infaq Pengembangan Pendidikan) khususnya berasal dari SD Muhammadiyah 4 akan mendapat diskon 50 persen dan SD Muhammadiyah lain akan mendapat diskon 20 persen.

Untuk informasi lebih lanjut bisa langsung mengunjungi laman website www.imbskaltim.sch.id atau instagram: @imbskaltim dan facebook: Pontren Istiqomah samarinda. Atau bisa langsung ke sekretariat berada di Jalan KH Wahid Hasyim 2 Gang Ahim 1, Sempaja Selatan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.