Berilmu, Berakhlak dan Berprestasi

Masih Takut Dengan Pelajaran Fisika ?

17

Mendengar kata fisika mungkin akan menyebabkan beberapa siswa enggan membahasnya, terutama bagi mereka yang memang sedikit lemah daya serapnya pada pelajaran yang masuk golongan exact ini. Namun, hal tersebut tidak lantas membuat para guru bidang study ini menyerah untuk mencari cara – cara ampuh yang membuat siswanya tertarik belajar fisika.

” Ini adalah Hasil Percobaan Praktek Fisika tentang Erupsi pada gunung berapi “

Tidak melulu berkutat pada rumus – rumus yang kompleks, guru – guru di SMP 5 MUHAMMADIAYAH (Istiqomah Muhammadiyah Boarding School/ IMBS) giat melakukan praktikum – praktikum yang membuat para siswa lupa akan ketakutan mereka belajar ilmu fisika dan justru berbalik menjadi sangat tertarik. Seperti yang dilakukan oleh bu weni begitu sapaan akrabnya di IMBS, yang mengajak para murid untuk membuat project praktikum untuk menguji erupsi gunung berapi.

Tampak antusias para murid, decak kagum riuh terdengar saat lelehan cairan magma yang mreka buat dari bahan detergen, cuka, dan pewarna makanan keluar dari miniatur gunung yang sudah mereka buat sebelumnya. Memang benar seorang guru harus punya skill dan trik khusus untuk untuk membuat siswanya bersemangat untuk belajar. Meski memang menbutuhkan waktu dan energi yang cukup ekstra untuk mempersiapkan praktikum, namun lelah itu terbalas saat melihat senyum antusias para siswa. Guru yang hangat, guru yang semangat Insya Allah menghasilkan murid yang hebat.

Samarinda, 13 Maret 2020
(By Al khansa)

Leave A Reply

Your email address will not be published.