Berilmu, Berakhlak dan Berprestasi

MENGAJAR ITU MENGGUGAH RASA (1)

10

www.imbskaltim.sch.id_Ada seorang guru datang ke kelas tidak bawa apapun bahkan absenpun ketinggalan , lalu guru tersebut memulai pelajaran dengan salam, buka halaman sekian dan kerjakan ! , atau guru tetsebut bertanya materi kita sampai mana ya anak-anak ?

Tentu metode seperti ini akan dirasakan oleh murid langsung kena mental akibatnya lesu loyo tidak bergairah, bosan, malas bahkan komplikasi menghadapi guru seperti ini .

Pagi tadi selepas sholat subuh saya baca hadist-hadist Nabi bagaimana beliau mengajarkan para sahabatnya, saya meyakini bahwa metode Nabi adalah metode ilahiyah berstandar langit dan kurikulum sidrotul muntaha coba kita lihat salah satu hadistnya yang di riwatkan oleh Muslim :

ما رواه مسلم عن أبي هريرة رضي الله تعالى عنه قال: «قال رسول الله : أرأيتم لو أن نهرًا بباب أحدكم، يغتسل منه كل يوم خمس مرات، هل يبقى من درنه شيء قالوا: لا يا يبقى من درنه شيء، قال: فذلك مثل الصلوات الخمس يمحوا الله بهن الخطايا

Nabi (N) bertanya pada sahabatnya (S) :
N: Bagaiamana kalau ada sungai yang jernih di depan pintumu kemudian anda mandi lima kali sehari ?

N: Kira-kira bersih ga badan kalian ?

S : Tentu badan kami akan bersih ( kata sahabat ).

N : Nah begitu juga dengan Sholat lima waktu kalian ia akan menbersihkan dari segala dosa-dosa kalian.

Yang bisa saya tangkap salasatunya adalah bahwa metode ngajar nabi itu :

  1. Menggugah kesadaran berfikir sehingga dengan pertanyaan tersebut akan menambah gaya bahasa dan mecairkan suasana, menggugah hati yang kering, dan pertanyaan itu melampaui batas teritorial zona ekonomi ekslusif, dan pertanyaan yang aneh tapi mungkin adanya namun pertanyaan itu tidak mungkin ada di negeri gurun pasir kecuali ya di indonesia yang rumahnya dekat sungai.
  2. Metode bertanya sebagai metode jalbul intibah.
    Jalbul intibah itu adalah pertanyaan yang menarik perhatian para murid bahkan bisa terperanjat begitu kira-kira.
  3. Menberi materi jangan di GAS POOL berilah materi yang mudah mudah saja dulu kemudian sedang sampai sulit dan sampai tersulit lit.

bagian tersulit itu adalah keteladanan bagian tersulit itu perang badar 300 orang lawan 1000, bagian tersulit itu perang uhud dimana dari 1000 orang membelot 300 orang. Bagian tersulit itu perang khondaq dimana kaum muslimin terkuras fikiran dan tenaganya.

Samarinda 11 juni 2021

Leave A Reply

Your email address will not be published.