Berilmu, Berakhlak dan Berprestasi

Sekilas tentang TahfidzQu

8
  • tahfidzqu menggunakan metode tabarak dari mesir
  • Motto: Dengan Al-Qur’an Hidupmu Pasti Baik
  • Target Proyek Tabarak: mengembangkan dan mengoptimalkan kemampuan pencapaian yang ada dalam diri anak-anak agar mampu berkata-kata dengan perkataan-perkataan yang paling bagus (al-Qur’an).
  • Program pembelajaran proyek Tabarak tidak dapat digunakan secara perseorangan di rumahnya, tetapi hanya dapat digunakan sebagai ajang penerapan secara langsung di lembaga-lembaga pendidikan al-qur’an dan sekolah-sekolahan yang mana sudah mengadakan perjanjian dan kerja sama secara langsung dengan Lembaga Markaz Tabarak di Mesir.
  • Syaikh Tabarak dan Yazid telah dinobatkan sebagai hafiz al-qur’an termuda di dunia, yaitu karena Allah telah memberikan karunia kepada mereka menghkatamkan hafalan al-qur’an masing-masing pada usia 4,5 tahun.
  • Ayah beliau berdua adalah Syaikh Kamil el Laboudy, beliau berprofesi sebagai dosen di salah satu Fakultas. Setelah beliau berhasil mengawal dan mendidik anak pertamanya yaitu Tabarak sehingga sukses mencapai target menjadi hafiz termuda –yang kemudian juga sukses untuk anak keduanya, Yazid-, beliau tidak ingin kesuksesan ini hanya dinikmati secara pribadi, maka dari sinilah beliau mendirikan sebuah Lembaga untuk anak-anak dari usia 3-7 tahun, dengan target  mengembangkan dan mengoptimalkan kemampuan pencapaian yang ada dalam diri anak-anak khususnya pada usia emas mereka agar dapat menghafal al-qur’an. Dan beliau memberi nama lembaga ini dengan nama Proyek Tabarak. Lembaga ini pun telah resmi terdaftar di kementrian terkait di Mesir.
  • Slogan “Dengan Al-Qur’an Hidupmu Pasti Baik” adalah motto Proyek Tabarak.
  • Proyek Tabarak sudah berubah menjelma menjadi sebuah catatan-catatan kerja yang mendokumentasikan segala perkembangan dan perjalanan hari-hari yang ditulis langsung oleh ayah dan ibunya selama perjalanan Tabarak menghafal al-qur’an, dengan harapan semoga Allah bisa menjadikan semua itu bermanfaat juga untuk anak-anak kecil lainnya.
  • Di antara syarat-syarat utama penerimaan murid di Proyek Tabarak ini adalah:
  • Anak dan orang tua/wali harus datang ke markaz untuk interview
  • Anak harus hafal dari surat Qurays – surat an-Naas
  • Ketika mendaftar, usia anak tidak kurang dari 3 tahun dan tidak lebih dari 4 tahun (untuk syarat ini boleh diadakan pengecualian-pengecualian yang dapat dimaklumi)

Proyek Tabarak terdiri dari tujuh level, level pertama talqin juz ‘amma secara lengkap dimulai dari surat an-naba’ dan pembelajaran huruf hijaiyah dengan harakat dan tanwin, pembelajaran level satu ini dilaksanakan di dalam kelas dengan menggunakan program khusus di komputer dan didampingi oleh seorang fasilitator (ustad/ustadzah yang berkompeten dari hasil seleksi dewan pendiri sesuai kriteria tertentu di setiap level, sebelum mereka terjun mengajar, mereka telah dilatih secara paripurna baik secara teori ataupun praktek), selama level pertama ini berjalan, orang tua akan senantiasa menerima surat keterangan dari Markaz, yang berisi arahan dan petunjuk apa saja yang harus dilakukan keluarga di rumahnya secara berkala dalam waktu-waktu tertentu agar keluarga ikut menyadari akan pentingnya level pertama ini sehingga keluarga dapat ikut andil dan bertanggungjawab atas berjalannya program di rumah ini.

Level pertama di Poyek Tabarak ini berdurasi selama 180 jam yang dibagi kepada 15 minggu, setiap Minggu 12 jam yang dapat dibagi dalam 3 hari berturut-turut atau terpisah-pisah setiap harinya 4 jam baik secara berturut-turut atau tidak.

Di setiap level memiliki langkah-langkah dengan waktu yang ditentukan, sarana-prasarana pembelajaran, dan juga pemberitahuan dan pengarahan orang-tua murid, dan juga program pelatihan baik secara teori maupun praktek bagi semua fasilitator yang telah terpilih atas dasar syarat-syarat khusus di setiap level. Dan setiap murid dinyatakan boleh naik level dilihat dari hasil ujiannya, baik ujian di pertengahan level maupun di akhir level.

Semua yang ada di Proyek Tabarak baik itu berupa dokumen modul, formulir, materi pembelajaran yang digunakan untuk anak-anak ataupun maklumat dan arahan untuk oran tua/ wali murid adalah murni hasil karya Syaikh Kamil el Laboudy yang hanya ada dan digunakan di dalam Proyek tabarak.

Dalam menerapkan proyek ini, Syaikh Kamil el Laboudy bekerja sama dengan istrinya baik ketika dengan Tabarak maupun adiknya, Yazid. Saat ini proyek ini sudah berjalan di bawah asuhan beliau yang berupa beberapa kelas di mana muridnya adalah anak-anak yang berasal dari beberapa negara yang berbeda; Arab Saudi, Mesir, Pakistan, India dan Yaman. Dan Alhamdulillah dengan izin Allah, banyak di antara mereka yang sudah khatam menghafal al-qur’an. Seperti Abdurrahman batel yang telah menjalani masa menghafalnya selama 3,5 tahun, di samping itu mereka juga pandai membaca alqur’an.

Dr. Kamel El Leboudy

Pemikir Muslim, Pakar ilmu Al-Qur’an

Bachelor Farmasi Univ. Tanta, Mesir

Magister manajemen Univ. Leister, Inggris

Trainer di berbagai Lembaga Pelatihan Internasional

General Supervisor Yayasan Nurul Qulub dan Markaz al-Qur’an Proyek Tabarak

+201111223341 [email protected]

NB: sebagian ibu baik yang berasal dari Arab ataupun non Arab telah berhasil menghafal al-qur’an sebanyak apa yang telah dihafalkan oleh anaknya selama mereka mendampingi anaknya menghafal dengan program Proyek Tabarak ini.

Tabel 7 level Proyek Tabarak dan konten yang berkaitan:

Level Durasi Materi Pembelajaran Jadwal Ujian Rekreasi Pertemuan Wali Murid
1 180 menit Juz ‘amma dan huruf berharakat dan tanwin Dua kali, pertama di pertengahan level kedua di akhir level Satu kali di pertengahan level Diadakan setelah ujian dan rekreasi di pertengahan level
2 300 menit Juz 29 dan belajar membaca Dua kali, pertama di pertengahan level, kedua di akhir level Satu kali, di pertengahan level Diadakan setelah ujian dan rekreasi di pertengahan level
3 300 menit Surat al-baqarah dan ali Imran Dua kali, pertama di pertengahan level, kedua di akhir level Satu kali, di perterngahan level Diadakan setelah ujian dan rekreasi di pertengahan level
4 300 menit Dari awal surat an-nisa’ sampai akhir surat al-anfal Dua kali, pertama di pertengahan level, kedua di akhir level Satu kali, di pertengahan level Diadakan setelah ujian dan rekreasi di pertengahan level
5 300 menit Dari awal surat at-taubah sampai akhir surat Taha Dua kali, pertama di pertengahan level, kedua di akhir level Satu kali, di pertengahan level Diadakan setelah ujian dan rekreasi di pertengahan level
6 300 menit Dari awal surat al-anbiya’ sampai akhir surat fathir Dua kali, pertama di pertengahan level, kedua di akhir level Satu kali, di pertengahan level Diadakan setelah ujian dan rekreasi di pertengahan level
7 320 menit Dari awal surat yasin sampai akhir surat at-tahrim Dua kali, pertama di pertengahan level, kedua di akhir level Satu kali, di pertengahan level Diadakan setelah ujian dan rekreasi di pertengahan level

Para murid juga mempelajari hadits-hadits shahih tentang keutamaan surat-surat yang di hafalkan dan asbab nuzul nya sesuai waktu dan level di mana mereka berada.

Program pelajaran harian dan pembagian jamnya secara umum:

  • Setiap hari pelajaran selama 4 jam
  • Pada jam pertama dimulai dengan membaca al-fatihah lalu mengulang semua hafalan lama setelah sebelumnya memperdengarkan hafalan hari kemarin
  • Pada jam kedua persiapan hafalan baru dan sarapan dengan menu wajib di Proyek tabarak (susu dan biskuit kurma)
  • Pada jam ketiga memulai menghafal hafalan hari itu dengan disertai variasi kegiatan seperti gerakan senam di tempat atau gerakan lainnya sesuai kebutuhan.
  • Pada jam keempat persiapan untuk hafalan keesokan harinya disertai membaca doa dan memperdengarkan hasil hafalan hari tersebut secara bersama-sama dan sendiri-sendiri setelah sebelumnya membaca doa. Semua materi menghafal dikawal oleh fasilitator/guru dengan menggunakan program Proyek Tabarak yang berbasis komputerisasi.

Program Pendukung Proyek Tabarak (untuk dilaksanakan di rumah):

Setiap sebelum memulai suat level di Proyek Tabarak ataupun di tengah berjalannya suatu level, akan diberikan kepada orang tua murid sejumlah materi pembelajaran pendukung untuk dipraktekkan di rumah masing-masing di setiap level di mana si anak berada, materi tersebut terdiri dari:

  • Surat pemberitahuan dan arahan untuk orang tua tentang hal-hal yang terkait dengan level tersebut.
  • Buku cerita bergambar yang berisi kisah-kisah penuh teladan. Tujuannya adalah agar dari kisah-kisah tersebut anak bisa mendapatkan nilai-nilai pendidikan, dan orang tua mendapatkan suatu arahan dan acuan dalam mendidik.
  • Kaset dvd yang berisi pembelajaran al-qur’an yang menjadi materi hafalan di setiap levelnya.
  • Kaset dvd berjudul “untuk dipelajari dengan baik sebelum memulai suat level”, kaset ini berisi gambaran-gambaran yang dapat memotivasi anak dan orang tua.
  • Kaset dvd berisi kartun kisah-kisah para nabi (ini digunakan untuk hadiah bagi anak jika dia berhasil menghafal, dan juga sebagai alternatif pengganti film kartun lainnya yang tidak edukatif)
  • Dan juga selama perjalanan pembelajaran di setiap level, orang tua akan selalu diberi surat keterangan dan arahan dan petunjuk bersifat edukatif bertujuan agar orang tua dapat lebih memahami cara terbaik untuk berinteraksi dengan anak-anaknya dan bagaimana cara terbaik agar dapat memunculkan potensi terbaik dari anak-anaknya, dan juga untuk mengetahui bagaimana cara menyelesaikan kendala dan masalah yang dihadapi dari anak-anaknya.
  • Pada setiap level ada supervisor khusus yang melayani semua orang tua jika ingin saling terhubung dengan Markaz, dan itu hanya dalam waktu yang terbatas dan dibolehkan untuk orang tua bepergian dengan anak mereka di dalam kota dengan syarat yaitu apabila rekreasi yang dilaksanakan adalah di luar kota.

Keterangan ringkas tentang buah dari Proyek Tabarak jika dihitung dari awal diterapkan hingga tujuh tahun pertama:

Di sini ada beberapa poin yang dapat kita ambil pelajaran darinya:

  1. Proyek Tabarak adalah kurikulum operasional untuk peran pengajaran di rumah-rumah tahfiz Alquran dan institusi-institusi sejenisnya, dan bukan kelompok pembaca atau rangkaian sekolah.
  2. Dibagi menjadi dua bagian sesuai usia pelajar, yaitu cabang anak kecil dan cabang orang dewasa.
  3. Statistik ini khusus hanya untuk dua unit proyek Tabarak, satu di Arab Saudi dan yang lainnya di Mesir.
  4. Usia proyek Tabarak di Arab Saudi lebih tua tiga tahun di bandingkan usia Proyek tabarak di Mesir.

Pertama: unit Proyek Tabarak di Arab Saudi: (di dalam satu unit ini menghimpun banyak anak yang berlainan kewarganegaraan; Arab dan non Arab)

Durasi pembelajaran: Tiga setengah tahun (lima tahun termasuk cuti).

Jumlah pelajar dan usia rata-rata: 133 anak, rata-rata usia ketika memasuki Proyek Tabarak adalah 3 tahun 9 bulan.

Jumlah total level proyek yang diajarkan dan diuji: total 332 level.

Rata-rata tahap yang titempuh setiap pelajar: 2,5 level.

Jumlah pelajar yang khatam menyelesaikan hafalannya secara lengkap: 24 anak.

Jumlah anak yang berhasil menghafal juz amma, juz 29, dan surat al baqarah dan ali imran: 15 anak

Kedua: unit Proyek Tabarak di Mesir: (mayoritas anak asli Mesir, sebagian kecil luar Mesir; Arab dan non Arab)

Durasi pembelajaran: dua tahun (3 tahun termasuk cuti)

Jumlah pelajar dan usia rata-rata: 70 anak, 3 tahun 11 bulan pada saat mendaftar.

Jumlah level yang telah berlangsung termasuk ujian di dalamnya: 137 level

Rata-rata level yang diikuti setiap pelajar: kira-kira 2 level

Jumlah pelajara yang khatam hafalan al-qurannya: belum ada, karena belum selesai semua tahap/level

Jumlah pelajar yang hafal juz amma dan juz 29 dan surat al baqarah dan ali imran: 12 anak

Leave A Reply

Your email address will not be published.